-->

Kader Lapangan 21

Semangat Pagi 
12 Januari 2013, Gue ikut kegiatan Gudep UIN SGD yang nama'a kader lapangan. Kegiatan itu biasa'a diadain setaun sekali.Beda dengan tahun ini, kader lapangan diadain lebih awal. Karenanya gue ikut, kalo ngga ada kader lapangan XXI mungkin keaktifan di Gudep UIN hanya tinggal nama.Sebelumnya di kader lapangan XX gue pernah ikut pra'a doank.Tapi ia karena ada perbaikan matkul nahwu alias IP gue yang perlu diperbaikin iya uda deh balik kanan. Padahal pas kalap (kader lapangan) sebelumnya gue jadi bapa kalap.sorry ni bukan forget sama kalian, tapi pas itu gue emang lagi bener - bener galau cuy. Hp samsung gue ilang, jadi gabisa ngasih kabar dulu.IP gua kecil pula.




Bayangan gue kader lapangan itu gelap, dinging, seram dan penuh terpaan.Dan ternyata gue bener.Gimana ngga sebelum shubuh gue uda dibangunin, mana dihitung pula cettarr membahana we lah.Hutang gue nambah tiap hari, tapi untung gue ngga sendiri.Waktu kalap gue dapet pluton 2, jumlah anggotanya ada 3 orang.Peserta'a semua ada 6 dibagi jadi dua.

Sangga kerja itu ngga cerdas, mereka uda tau sikap, cepat tanggap masing - masing peserta.So, untuk bikin kelompok per pluton itu jga diperhitungkan terlebih dahulu. 
Sehari sebelum kalap tu, sangga kerja rencana'a mau langsung berangkat tapi dasar emang pesertanya belum pada siap.Tas temen gue reod 'what the meaning reod deuih' pokona mah rusak bro uda gtu Tas gue jga sobek tali'a.Ia maaf aj iya kita balik kanan semua, padahal uda nyampe Gunung Cinta.Tau kan loe bro gunung Cinta itu Manglayang ke atas dikit yang klo malam itu Bandung keliatan dari situ bukan main indah'a mba bro.
Pulang dari sono kita berenam kumpul di satu titik supaya klo ada steling atau sms dari saker (sangga kerja) langsung stanby.Bener aj, tepat pukul 03.00 ada sms dari saker.Intruksi'a kumpul di Gazebo tau ngga loe Gazebo dmn ? ngga tau kelewatan aj anak UIN SGD blm tau Gazebo. Gue bareng sobat co lain zich sigap jam 03.00 uda nyampe di Gazebo.Lah ini si kaka putri jadi benalu.Kata mereka kostan baru dibuka jam 04.00. Iya disana mati lah kita, disuruh posisi setengah bending / kuda - kuda selama 40 menit. Saker nanya lagi ke kita, ' kader kalian siap nanggung hukuman putri ? Siap ngga siap kita bertiga harus siap. Beres kuda - kuda kita jungkir, push up, posisi perahu,sleep up huaaaah parah uda kaya tentara lah kita.
Kebetulan waktu kalap itu sama kaya penukan KRS tarbiyah, jadi ia di jeda dulu kalap'a.Mau saker ataupun kader (panggilan peserta kalap) ngurus KRS sampai jam 03.00. Untuk yang ketiga kalinya, baru gue jadi berangkat ke lapangan.Bukan sembarang perjalanan bro, jalan start dari UIN sampai Gunung Palintang hampir seharian.Klo pun cape ia terobati lah dengan pemandangan yang gue liat.Teriak bareng sepluton (sekelompok) jadi ajang pelepasan mengkel gue ke saker.Itu saker bawel banget bro, klo satu pluton ngga nyanyi ia bisa disuruh merayap kita'a. 


lagu yang sering kita nyanyiin : Saya tunggu engkau, saya tunggi engkau rupanya engkau forget to me. rambateratahayu tarik tambang ciihuy disini aku tambah senang andaikan aku burung aku akan terbang dua tahun lagi aku jadi pelatih wahai pelatihku betapa kejam dirimu wahai pelatihku betapa tajam matamu andaikan engkau tau isi di hatiku aku cinta padamu aku sayang padamu aku bilang I love U 
 Mars Kalap. Bersama kita melaju saatu membina mental diri sejati dalam arena kader lapangan XXI bidikan kompas disatu titik langkahkan kaki dan jangan goyah arahkan pada tujuan yang pasti .. membangun negeri bina mental dan bina jasmani siapkan kader - kader mandiri enyahkan atas segala rintang lenggang kita melaju 
Sebenernya masih ada belasan lagu lagi, tpi gue stop aj ia biar loe pada penasaran ikut kalap :D 
Di Gunung palintang kami menemui pak RT lantas kami tanya - tanya pada beliau tentang Desa.Beliau bercerita tentang sebuah lahan yang kita tempati sebagai tempat mendirikan tenda dari ponco (jas hujan motor).Menurut beliau lahan itu bekas pabrik Belanda.Desa Palintang berada di atas Jalan Ujung berung.Lokasinya ngga jauh dengan situ cilengkrang.Denger - denger kalap sebelum'a selalu aja ada peserta yang kemasukan, tapi alhamdulillah angkatan kami tak ada yang kesurupan.Gue tidur tanpa alas, maklum bro nama'a jga kader lapangan.Segala'a di kerjakan di lapang.Bebau rerumputan dilengkapi hangatnya pasir itu suatu hal yang gue kangenin, makan'a kalap depan gue bakal ikut.Pasti'a jadi saker bkan kader bro, saat'a menerpa peserta. dua hari sekali gue ngebidik kompas nentuin derajat, lumayan lulus kalap gue bisa mereseksi secara manual.Oh ia bro, gue ini juru kompas terbaik angkatan XXI ,ciyeeee bangga.. dari jurkom terbaik juga gue dapet topi kalap XXI, ciyeee exist deui manyeeh hhaaa jurkom (juru Kompas) itu jalan paling depan, memberikan keyakinan arah jalan.Tiap kali saker bertanya, bawelnya saker apalagi saker yang cewe dongkol banget klo tas gue uda dipukul - pukul sama tongkat, emang gue kuda apa ? punya hati ngga zich lo ker ?? saker majnun ghairu adab kirdun.Jurpet (Juru Peta) peserta yang mentasksir dan memperhitungkan juga membuat gambaran kecil peta (menggunakan kertas kalkir).Jurpet ialah dia yang pandai membaca kontur jalan yang harus diambil. hari demi hari berlalu, minggu demi minggu terlangkahi apa yang telah terjadi di kalap itu semua pahit mana ada mahasiswa yang nyaman tinggal di Gunung beberapa minggu, tanpa laptop tanpa listrik tanpa handphone yang paling berat itu tanpa kekasih.
Keluar dari Gnung Palintang lanjut perjalan ke Gunung Cimalaka, gila bro bukan main pemandangannya jalan'a juga mantap, becek - becek ngga masuk ojek.Lewat hutan pinus itu lho yang subhanallah ia cetar memabahanaa.sempet - sempet'a korlap bikin film di hutan pinus.Saker boleh ketawa, ngetawain peserta juga boleh lah gue ini cuman peserta bisa apa ? satu gigi nongol aja ga bisa.Klo ngga teriak sambil nyanyi gue cuman bisa manyuuun.gimana ngga manyun sepanjang jalan gue ngga dibolehin minum, minum bisa cuman satu sloki. tau ngga loe satu sloki itu satu tutup botol, lah itu mah cuman basahin bibir doank kan.Nasib jadi praja muda karana . .
pinter'a gue, saker kagak pada tau klo gue ngebungkusin uang 20 ribu di dalam kaos kaki.Peraturan dibikin itu buat dilanggar bro. klo ngga ada pelanggaran aturan itu ngga bakal ada.Uang itu gue jajanin waktu gue ngerembes (sosialisasi ke masyarakat).Lumayan tuh bisa beli roti sama kue kue.Tapi gue pikir ngerembes itu enak juga bro.Tiap berkunjung ke rumah di pedesaan pasti ramah beda bro sama di kota.Pas gue bersosialisasi aja gue disuguhin bala - bala + kopi ciaaah cettaarr gileee'a lagi bapak yang punya rumah nawarin sebungkus rokok.untung'a rumah yang kita kunjungi itu jauh dari camp, temen gue zich enak ngisep lah gue bukan perokok boz, gue liatin aja deh. Bapak itu seorang penjual juga di Gunung Manglayang tiap minggu.
Tahu kan pasar kaget Manglayang yang biasa dikunjungin warga Gomblay.Gue pernah ditembak cewe tu disana di akhir - akhir mau keluar Ma'had addeuuuh gue ganteng kali'a.Disaat co lain sibuk mengejar ce gue malah ditembak ce cihuuuy.Bapak itu baru tinggal di Desa palintang beberapa tahun kebelakang.Rencana'a beliau ingin membuat warung, sukses ia pak warung'a.
hutan pinus terlewati, keluar - keluar gue bareng temen lain sampe ke sumedang.Desa apa itu nama'a gue lupa yang pasti camp berikutnya jauh dari penduduk.Sebelah'a sawah, pohon pisang beeuuuh saker ngga ngeliat dasar emang rezeki cuman untuk kader ia pisang utuh terlihaat di jalan yang hanya dilewati kader.Respect gue ambil pisang itu langsung dari pohon'a. manis, nikmat'a walau hanya pisang, wajar bro gue jati anak hutan waktu itu.Dari kejauhan di belakang kabut tebal nampak bayangan hitam berambut panjang.
Sedikit demi sedikit mendekati kader yang jumlah'a 6 orang.Oh ternyata seorang Ibu 30 tahunan menjamu kami dengan kentang rebus, dan pisang tandu yang ia tanam sendiri.Ramah'a sosok Ibu seperti itu ngga mungkin ada di perkotaan deh.Mana bahasa'a sunda lemes abis, untung gue bisa dikit sunda lemes hha.Bade ngiring netepan buu . . .gkgkgk pantes gue ngomong sunda banyak orang bilang ngga.Kabut mnebal cuaca makin dingin dan mencekam, malam jum'at pula.
Gue pikir camp yang sekarang bakal menantang dengan hawa mistik, et deh malah super melelahkan.untung'a gue dapet korpe (piket malam) giliran pertama.So, cuman nyampe jam 12an gue bisa tidur pasti'a diatas pasir hangat dan sedikit rerumputan.
Next, beberapa hari di Sumedang gue nerusin jalan ke Irigasi ,jatinangor. Wah disana gue nemu suasana baru lagi cuy.camp berikut'a ini deket sama gerbang irigasi.klo loe yang pernah ikut P2L pasti tau tempat'a yang dekat kampus IPDN.Gue bareng temen sepluton tidur disebelah gerbang irigasi selokan.Biasa sebelum tidur korpe dulu sambil nyalain lilin.Apa yang gue pikir waktu itu dan apapun itu gue berusaha untuk ngga mikirin rumah and ngebanding - bandingin enak'a tinggal di kostan dengan di tanah hangat rerumputan ini.kenapa ? karena hal itu yang ngebuat gue ngga betah.Supaya betah gue berusah untuk bisa tertawa dengan temen gue.
Besok'a kader XXI kedatangan pelatih SAR (Search And Rescure), seharian full danlat (komandan latihan) menyerahkan kita ke pelatih SAR.Gue dapet ilmu gimana cara jalan di atas tali and how to do repling.Gue juga jadi bisa masang webbing sendiri sekarang.Tau webbing kan bro ?
itu tu tali gepeng buat ngiket tubuh yang biasa diliat para pengguna flying fox.banyak bahasa aneh tentang pencinta alam yang gue tangkap di kalap XXI.Sebelum gue mulai repling kebeneran banget pelatih minta mompain 2 ban.Pas itu uang gue masih nyisa 15ribu di kaos kaki, kesempatan donk bro langsung aja nyari tempat pompa pinggir jalan raya.gue beliin sprit bareng solmet gue sepluton tentu'a tanpa sepengetahuan saker.Temen gue laper, ia sekalian aja gue jajanin gorengan, waah mantap bro seminggu ngga ngerasain gorengan terus bisa ngerasain lagi asaaa gimanaa gituu ya.
Beres ngompa ban, balik lagi ke irigasi dengan tampang polos hahaha
Kader nyangka kalap bentar lagi berakhir, karena memang taksiran mereka setelah jatinangor akan langsung ke UIN.eh tunggu pentaksiran mereka benar.Setelah beberapa minggu diterpa camp selanjut'a adalah kampus UIN.Tanpa melihat peta gue jalan ke UIN, sulit'a saker mengintrusikan ngga menghalalkan jalan raya.kalau jalan raya memang membuat sengsara.Kaki kita pasti akan rusaj kepanasan.Tanah itu dingin beda bro sama aspal.Gue ga biasa jalan ke atas ia kita ngebeleuwing disana.naik turun, naik turun balik dieu nemu sungai.
Lah gue jurkom'a jadi gue juga yang tanggung jawab, disana gue bareng temen sepluton bikin jembatan pake betu - batu besar.Lumayan lah bisa bantu - bantu sesama.nyampe di UIN saker bilang'a mau penutupan.Tapi emang skenario'a dibulak balik, nyampe UIN hanya lewat aj bro.Kita dibentak - bentak depan masjid mereka bilang pendidikan kalap kali ini gagal.Kalap diulang kembali.Gunung Cinta menjadi tempat yang tak terlupakan hhaha
Di Gunung itu kita diintruksiin untuk ngebuat tempat tidur kalong.Alat yang dibutuhkan hanya webbing, pohon, dan sarung.Kebayang kan gimana tempat tidur'a.Kita tidur dalam sarung yang telah digantung webbing terikat pohon.Bisa diayun - ayunin gitu tidur'a zzzZZZZZZ gunung itu menjadi camp (DP) terakhir kalap XXI. Keesokan hari'a penutupan di Polsek Panyileukan.

Alhamdulillah  

0 Response to "Kader Lapangan 21"

Post a Comment