Saturday, 23 June 2012

Rihlah angkatan 4 pesantren Gomblay @ Ciater

Sabtu , 23 Juni 2012 Mahasiswa PBA Semester 2 menyepakati untuk berangkat menuju Pemandian Air Panas Ciater dalam rangka Rihlah pondok.Perlu diketahui pula tempat ini merupakan tempat yang cukup banyak diminati warga lokal maupun manca negara seraya bertambahnya area rendam yang relatif murah.Selagi murah air yang ada pun terasa cukup panas karena berasal dari kawah Gunung Aktif Tangkuban Parahu.Suhu air yang hangat itu bisa mencapai 46 derajat. adapun yang dingin itu 8 derajat.
Berdasarkan pengalaman , tempat ini cukup aman karena di perketat kembali dengan security yang kalau diingat 10 tahun ke belakang pemandian ini tak terlalu mementingkan bagian aparatur karena memang kolam yang jadi pun hanya baru satu.Dan itu pun ramai dikunjungi pengunjung hanya pada malam hari saja.Tapi walaupun telah diperketat tetap saja tindak kejahatan itu selalu saja dapat terjadi.Dimana ada kesempatan, kejahatan pasti bisa terjadi.Seperti halnya tadi siang, saat sedang masuk ke D'poer pizza dan duduk sejenak bersama teman-teman tercinta.Handphone di saku kiri berbunyi.Sontak akupun mengambil handpone itu dari saku celana.Ternyata itu telpon dari karib dekat yang berniat baik untuk membelikan kompas.Selesai menelpon hp itu dimasukan kembali, entah tergeser atau bagaimana.hp itu tak tersadari jatuh ke samping.Otomatis hp itu hancur berantakan.Karena keasyikan ngobrol sambil makan dan minum hingga akupun tersadar kala teman saya menanyakan keberadaan hp.
Tapi tenang sajalah kawan tidak semua orang yang ada di Sari Ater itu jahat.Malah sungguh beruntung sahabat yang satu ini.Namanya Arif ,atas kesholehan seorang Ayah.Dompet yang sempat hilang dapat kembali.Beruntung sekali ya sahabat yang satu ini.
Sebenarnya ada yang lebih berharga dari pada hp !
tahukah apa itu ?

jawabannya adalah sesuatu yang selalu kita suapin kedalam hp yang biasa suka dijual oleh Mahasiswa/i yang kadang bangkrut itulah PULSA yang lebih berharga dari pulsa itu adalah DIRIMU


thank U thank U    



Monday, 11 June 2012

Friday, 13 April 2012

Gomblay Art Show

Dalam rangka menghidupkan seni yang redup selama cukup lama, 12/04/2012  qismul funnun mengadakan sebuah acara "Gomblay Art Show" .Lalu tahukah kalian dari mana ide ini berasal ?
sebenarnya acara ini telah terlaksana dengan baik bukan karena seorang tapi kalianlah yang membuat semua manjadi aman dan indah.Adapun seorang yang punya ide GAS bermula dari share di forum naqiyah   seorang dari bagian kesenian berucap : 
Bang Zey Ayuby
anak -anak, brhbngn kreatftas d gomlay lg mati suri nieh,, gmna lw qt adain pekan seni? 

coment yah,, comentnya nnti qt musyawarhkn. 

Karena usulan menarik singkat dan logis,hampir semua mahasiswa SMT 2 mendaftarkan kelompok dari satuannya masing - masing.Bahkan ada yang sampai mengikuti 4 tampilan, waktu yang diberikan panitia sedikitnya 7 menit dan maksimal 15 menit. Tapi sangat disayangkan kala lusa atau minggu depan seni di gomblay redup kembali, didukung dengan senyum,sapa,salam yang menghilang dikalangan santri.Acara ini diharapkan dapat mengubah perasaan boring,galau,dilema atau ambek berubah menjadi energy positif.
Beriku rangkaian kisah yang telah terlewati pada saat itu :

persiapan latar dan tema panggung beserta penulisan judul oleh bagian dekor.Yang tentunya pada sore itu mereka tidak terlalu sibuk dengan urusannya.Waktu yang kosong itu lebih baik disi dengan hal yang bermanfaat mba bren dan mas bro jangan hanya tidur .Karena ada hal yang lebih baik dari tidur.Tapi dipikir ulang obat yang paling mutakhir buat orang yang ngantuk tak ada lain ialah tidur.
 Pembukaan Gomblay Art Show oleh mudabbir.Pesan yang dapat diambil bahwa "Allah mencintai keindahan dan mencintai orang yang indah".Tahun kemarin acara seperti ini sempat terencanakan tapi karena waktu yang mepet di tahun itu tak terlaksana.Hingga akhirnya tahun 2012 angkatan 4 Gomblay memulai membangkitkan semangat mahasiswa.

Yulan : Bib , awas Umnah jahat ntar di cekik . Umnah : Ust 'Ain tau g acara apa malam ini ? . Habib : tahu ya pa ya ? 

TARI SAMAN

DAMORIHAY

Bagaimanapun tak ada seorang yang lebih tahu dan mengerti keadaan kita kemarin,saat ini dan nanti selain teman dekat.Yakinlah bahwa hidup ini penuh dengan dusta.Lantas mengapa kalian lebih terbuka dengan teman daripada ortu di rumah. 

waaaaaah, pengalaman joged dangdut ieu mah !!fresh sejenak buat anak - anak tertawa berarti menyenangkan hati makhluk kan.Hidup ini tak lepas dari hukum karma , orang yang membuat orang lain bahagia kan dibuat bahagia dalam hidupnya.


Kocak banget ngeliat goyang india mahasiswa terkocak.Apalagi pas di bawa, kayak dimarahin mamah disuruh pulang gara - gara nggak ngerjain PR ditarik pula jasnya.Pake bawa sapu lagi yang jemput pulangnya. 

 "Hidup ini bukan persiapan untuk mati .. hidup ini adalah persiapan untuk hidup selanjutnya yang lebih abadi"

 Carilah makan dimanapun kau brada karena tanpa makanan kamu takan sanggup tuk hidup.Dan mulailah konsumsi makanan halal , baik, mengikuti sunnah.Niscaya nilai pada psikologispun kan terasa.

"Lagu Nasyid penyejuk hati, mendekatkan diri pada ilahi dengan mulai mencintai rasul serta utusan Allah.Bersyukur hadrat ilahi di atas jali yang suci"

 Cinta yang dewasa itu penuh komitmen dengan Tuhan.Cinta adalah anugrah dan aku yakin itu.mencintai tidaklah salah,dicintai pula bukanlah masalah.Walau cinta tidak harus memiliki tapi cinta dihati ini tetap hanya untukNya

LOW BATERAI (: KALIAN KURANG SHADAQOH :)


seseorang datang kepadamu dengan alasan tertentu,terkadang membawa kebahagiaan dan kadang pula membahawa kesedihan.Ada yang sesaat menemanimu dan ada pula yang memperhatikanmu setiap saat.Mereka datang silih berganti menorehkan kasih, dan kadang hanya meninggakan perih.Tapi tenanglah, mungkin Tuhan sengaja mempertemukanmu dengan orang yang salah.Sebelaumn kamu bertemu denganorang yang tepat tuk mensyukuri nikmatNya.



Sunday, 18 March 2012

Apa itu Kamseupay

Pernah menyaksikan iklan im3 yang kamseupay ?


mulai penasaran cari - cari tahu artinya,
dewasa ini remaja banyak mengikuti kata - kata yang sekilas terdengar lewat televisi.Bukan bermaksud untuk alay tapi itulah trend masa kini,setelah mereka membuat akun twitter tentunya mereka kaget TLnya banyak banget yang bicara kamseupay. Bahasa yang dipublik sudah barang tentu menjadi obrolan yang mengundang penasaran .apa sih arti atau kepanjangan dari kamseupay?
Remaja sekarang mengambil pengertian kamseupay itu secara akronim dari kampungan sekali uh payah .Dan ada pula yang berteori kamseupay itu merupakan serapan dari bahasa korea ataupun Jepang.Lucuya itu semua tidak benar yang sebenarnya kata itu jadul bisa muncul kembali hanya dengan ketikan huruf-huruf unik yang ditulis oleh  Marissa Haque Fawzi  di blognya lantas Beliau menemui banyak kata kamseupay di akun - akun twitter yang terbilang anak muda dan sempay menjadi trendic topic beberapa pekan yang lalu.Ada pula yang menggunakan kamseupay sebagai iklan salah satu operator yang sedang saya gunakan yakni im3. 
kamseupay semapat di masukan di skenario film putih abu-abu tapi tak tahu juga apa artinya.Sebenarnya kamseupay itu bahasa jadul tahun 70-an yang artinya kampungan atau sangat kampungan sekali.Termasuk ke dalam bahasa kasar, yang memiliki arti memaki.Beliau sangat menyayangkan mengapa yang populer kemudian tumbuh di sana sini malah bahasa yang makian.

follow @kaffaitu  jangan pake wani piro apalagi kamseupay ok tweep !

Thursday, 15 March 2012

Cerminan skenario Man Jadda wa jada

Malam yang indah dimana tidak ada seorang pum dirumah, kala itu kedua orang tua sedang menengok adiku tersayang di pondok .Bersama kakak yang masih bujang, kami berkelana menuju Jatos (Jatinangor Square),tempat itu pun baru diketahui setelah bergaul dengan anak kuliahan UIN.Mereka biasanya shopping,smoothing dan hanya walking disana.Berbeda dengan anak UPI ataupun ITB jarang sekali berkeliling disana karena mereka menganggap Jatos itu terpelosok.Kedua kampus itu lebih memilih BIP (Bandung Indah Plaza) alasannya karena tempat itu lebih dekat dengan tempat tinggal mereka.
Kakak ku memiliki teori tersendiri : kalau menginginkan wanita cantik banyaknya di BIP.Tapi karena belum pernah mengunjungi jatos kita akhirnya memutuskan untuk pergi ke 21 yang ada di jatos.Sampai di 21 kita temui film yang sedang favorit judulnya "Man Jadda Wa Jadda".Kandungan film itu sangat menginspirasi 


hingga teringat 5 ust gontor yang pernah mengabdi di pondok selama 1 tahun, mereka memiliki karakter yang unik :
Ust Hilman : mahir english, berdiri tegap dan mengagumkan (Kolerik)
Ust Anam : Jago Bela diri , sekilas mirip ukir bakam voldemort (Meankolis)
Ust Agih : Jalan cepat dan tegak, Berbicara lancar,jelas dan cepat. Super sonic tampan dan menawan (melankolis)
Ust Azm : pintar kalighrafi juga seni melukis, sekilas mirip dengan zainul. (Sanguin)
Ust Siroj : Jalan mapan dan paling tinggi dari kelima ust (Plegmatif)
Terlepas dari yang diatas, ternyata setelah menonton man jadda wajada.Ada beberapa kemiripan skenario yang dibuat selama 3 tahun menjadi anak intensive ,antaranya :

  1. Masuk ke pondok rambut masih panjang, setelah diterima di intensive harus dicepak dan faktanya hal itu lebih mendewasakan penampilan.
  2. Bertemu dengan watak anak berbeda adat tiap daerah.
  3. menginjak kelas 2 intensive ada keraguan untuk melanjutkan, setelah masuk ke suatu kegiatan.Lantas sulit untuk meninggalkan pondok.
  4. Semua di rajai oleh Jatos
  5. Teman menguatkan untuk tetap memondok

Harapan saya ketika seorang Alif  bekerja di Amerika ,semoga taqdir berikutnya ada kemiripan dengannya.

" BUKAN YANG TAJAM YANG MAMPU SUKSES MELAINKAN SUNGGUH-SUNGGUHLAH YANG SANGGUNG UNTUK SUKSES"

Tuesday, 28 February 2012

Dosen Favorit

Rabu pagi yang lugu ditemani dengan secankir susu dan menyepi tanpa lagu dilanjut dengan menyapu karena mendengar "AMALU KUNNAS".Aktivitas siang nanti kan membaik kala kita telah memulai pagi ini dengan wajah yang cerah dan jiwa yang sehat.Lanyaknya kita syukuri pagi dengan membaca hamdalah atas rahmat yang telah diberikan Sang kuasa.mengingat pagi ini Mahasiswa akan di test shorof dengan sentakan yang cukup aneh ,lucu ,pikasebeuleun kumaha lah..Mahasiswa kala itu ditawarkan dari yang terbawah atau teratas oleh Dosen masih dalam satu cerita yang sama di cerita Didin dan Desi dalam pencarian Dosen yang katanya Dosen kurang perhatian, baru dateng jauh-jauh,mati-matian ,panas-pnasan pula.Sampai di tempat pertemuan Beliau hanya bertanya asal, dan langsung menandatangi KRS itu.Ternyata belajar dengan beliau memang seru dan penuh tantangan ya..hha


walaupun Dosen yang satu ini sedikit masuk kelas bisa dihitung masuk matkulnya itu nggak bakal lebih dari 30 menit.Seperti yang kita ketahui saudaraku kalau semester dua di ma'had lugowiy yang namanya tatbiyq itu lebih dikedepankan dari pada tekhnik nadhari.Jadi segalanya tathbiyq.Pagi tadi Dosen hanya mengabsen lalu mencoba intelegent Mahasiswa dalam ilmu shorof seperti pertanyaan : 
yadzhabna ? hunna
taqtuliyna ? anti
dengan sentakan yang asiik ..
dan jikalau memang jawaban yang kita berikan salah. Dosen favorit ini mengulang pertanyaan hingga menguatkan jawaban kita.Kalau benar lanjut dan salah muncul pertanyaan : kamu siapp apa belum ? 
Mahasiswa yang berkata belum pastinya harus kembali duduk dan bagi yang mau mencoba lagi katakan saja saya siap!
SIGAP kang SIGAP teh ,,

Monday, 27 February 2012

Media dan Teknologi Pembelajaran


NAMA            :KEFI FADHILAH
NIM                :1211203037
FTK/JUR        :TARBIYAH / PBA
SMT               :2
DOSEN          :ZULLI SIREGAR


Media dan Teknologi Pembelajaran
A.Media Pembeajaran
          Dalam pembelajaran bahasa Arab kita dapat menggunakan media audio visual.Nana Sudjana dan Ahmad Rifai mengatakan bahwa pemanfaatan media audio visual dapat dipraktikan ketika :

-pengajaran music literary (pembacaan sajak) dan kegiatan komunikasi.
-pengajaran bahasa Arab,baik secara audio ataupun visual
-pengajaran melalui radio dakwah (107.8fm Roja) ataupun radio pendidikan lainnya.

Amir Hamzah menyatakan bahwa alat-alat visual tidak hanya menghasilkan cara belajar yang efektif , tetapi apa yang telah mereka terima melalui alat-alat visual akan sulit untuk dilupakan.Selain itu Guru yang kekurangan alat-alat dapat menggunakan gambaran baik di atas karton ataupun dengan media lain sehingga pembelajaran di kelas tidak menjenuhkan hingga tercapailah tujuan KBM dan kurikulum.
 disamping itu ,pembelajaran dengan menggunakan media memiliki masalah,antara lain:
1.      Pembuatan media pembelajaran membutuhkan kemampuan yang kompleks dan lumayan tinggi,khususnya di bidang sofware & hardware komputer,kesulitan memmbuat desain grafis,pembuatan animasi,editing gambar dan suara.
2.      Pembuatan media pembelajaran harus memiliki step-step dan prosedur tertentu hingga  layak disebut dengan media pembelajaran.
3.      Kesulitan Murid dan Guru dalam menemukan stasiun televisi mana yang menyampaikan materi tertentu ,karena banyak stasiun televisi.
4.      Siswa telat mengumpulkan tugas dan Guru lupa menonton acara televisi pendidikan tersebut.Dan seringkali Guru dan Murid memiliki referensi yang berbeda akibatnya pemahaman mereka pun berbeda.

B.Teknologi pembelajaran.
Menurut devinisi AECT (Associaton for Education Comunication Technologi) :”Teknologi Pembelajaran adalah suatu teori dan peraktik dalam desain, pengembangan, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi tentang Teknologi pembelajaran yang memiliki pengaruh terhadap perkembangan Teknogi Pembelajaran. Teknologi pembelajaran tumbuh dari praktek pendidikan dan gerakan komunikasi audio visual.Teknologi Pembelajaran semula dilihat sebagai teknologi peralatan, yang berkaitan dengan penggunaan peralatan, media dan sasaran untuk mencapai tujuan pendidikan.Teknologi pembelajaran merupakan gabungan dari tiga aliran yaitu media dalam pendidikan, psikologi pembelajaran dan pendekatan sistem dalam pendidikan.
Manfaat teknologi pendidikan :sebagai alat peralatan pendukung konstruksi pengetahuan,alat peningkat mutu pendidikan di sekolah,peningkat efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar dan pendidikan dapat mempermudah mencapai tujuan pendidikan.
C.Latar Belakang Teknologi Pembelajaran
Edgar Dale berfikiran tentang kerucut Pengalaman (cone of experience) adalah merupakan upaya awal untuk memberikan alasan atau dasar tengtang keterkaitan antara teori belajar dengan komunikasi audio visual.Sedangkan,Jamess Finn seorang Mahasiswa tingkat doktoral dari Edgar berjasa dalam mengusulkan bidang komunikasi audio-visual menjadi teknologli Pembelajaran yang kemudian berkembang higga saat ini menjadi profesi tersendiri, dengan didukung oleh penelitian, teori dan teknik sendiri





MODEL DAN PENDEKATAN PEMBLAJARAN

MODEL DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
·         Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang menggambarkan kegiatan dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Pemilihan model pembelajaran untuk diterapkan guru di dalam kelas mempertimbangkan beberapa hal:
·         1. tujuan pembelajaran
·         2. sifat materi pelajaran
·         3. ketersediaan fasilitas
·         4. kondisi peserta didik
·         5. alokasi waktu yang tersedia
Model Pembelajaran - Metode Mengajar“Cara mengajar yg dpt digunakan untuk semua bahan pelajaran” Misalnya: Metode: ceramah, penemuan, ekspositori, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah, dsb. Teknik Mengajar“Cara mengajar yg memerlukan keahlian khusus atau bakat khusus” Beberapa model pembelajaran matematika antara lain : 
 A.    Model pembelajaran dengan pendekatan induktif dan deduktif. Kedua pendekatan ini merupakan pendekatan yang ditinjau dari interaksi antara siswa dengan bahan ajar. Kedua pendekatan ini saling bertentangan. Pendekatan deduktif merupakan suatu penalaran dari umum ke khusus, sedangkan pendekatan induktif suatu penalaran dari khusus ke umum. Pendekatan deduktif berdasarkan penalaran deduktif. Penalaran deduktif = cara berpikir menarik kesimpulan dari hal yang umum menjadi kasus yang khusus. Penarikan kesimpulan secara deduktif biasanya menggunakan pola berpikir silogisme; terdiri dari 2 macam pernyataan yang benar dan sebuah kesimpulan (konklusi) Kedua pernyataan pendukung silogisme disebut premis (hipotesis): Premis Mayor dan Premis Minor. Kesimpulan diperoleh sebagai hasil penalaran deduktif berdasarkan macam premi itu. 
B.    Metode Ceramah yang Menyenangkan Metode ceramah yang monoton, memanglah dirasakan sangat membosankan bagi para peserta didiknya, apalagi bila disajikan dalam bentuk dongeng, yang berfungsi sebagai pengantar siswanya untuk tidur di malam yang hening, bahkan kadang kala si pengajar melenceng dari materi yang semestinya disampaikan, justru ia malah menceritakan tentang keadaan keluarganya, sampai ke para tetangganya, seolah-olah si guru itu curhat kepada muridnya. Hal ini serupoa dengan sebuah situs dari internet yang menceritakan
C.    Model pembelajaran dengan pendekatan ekspositori Pendekatan ekspositori merupakan suatu pendekatan yang ditinjau dari interaksi guru dengan siswa. 
guru telah mempersiapkan dan merencanakan secara sistimatis sehingga siswa dapat menerimanya dengan mudah. 

D.    Model pembelajaran dengan Pendekatan Proses Dalam pendekatan ini guru menciptakan kegiatan pembelajaran yang bervariasi sedemikian sehingga siswa terlibat secara aktif dalam berbagai pengalaman.
E.    Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dalam menggunakan metode penemuan terbimbing, peranan guru adalah: menyatakan persoalan, kemudian membimbing siswa untuk menemukan penyelesaian dari persoalan itu dengan perintah-perintah atau dengan lembar kerja. Siswa mengikuti pertunjuk dan menemukan sendiri penyelesaiannya.
Pendekatan pembelajaran bisa diartikan sebagai titik tolak / sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat global, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.
Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terbisa dua jenis pendekatan, yaitu:
 (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi / berpusat pada siswa (student centered approach)
(2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi / berpusat pada guru (teacher centered approach).
Di pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan selanjutnya diturunkan ke dalam strategi pembelajaran. Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003) mengemukakan empat unsur strategi dari setiap usaha, yaitu:
1.      Mengidentifikasi dan menentukan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang mesti dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya.
2.      Mempertimbangkan dan memilih jalan pendekatan utama (basic way) yang paling efektif untuk mencapai sasaran.
3.      Mempertimbangkan dan menentukan langkah-langkah (steps) yang akan dtempuh sejak titik awal sampai dengan sasaran.
4.      Mempertimbangkan dan menentukan tolok ukur (criteria) dan patokan ukuran (standard) untuk mengukur dan menilai taraf keberhasilan (achievement) usaha.

Wednesday, 8 February 2012

Cukur depan kamar.

Zaman semakin lama semakin menggerahkan dan menggalaukan.Tapi jangan khawatir kawan,kita masih bisa merealisasikan seni yang kita miliki.Dengan kerajinan tangan Mahasiswa dapat membuka bisnis kecil-kecilan, hasil yang didapat pun cukup meringankan biaya perkuliahan mereka.Salah satu contoh kerajinan tangan Mahasisawa adalah dengan membuka usaha sendiri.Tidak banyak santri sanggup untuk membuat kepala temannya nyaman.Dalam artian bahwa tidak semua santri bisa mencukur rambut teman seangkatan dengan rapih atau sesuai dengan gaya rambut yang diinginkan.Tapi jangan khawatir disini ada beberapa alamat yang membuka jasa pencukuran rambut,tarif yang dikenakan pun relatif murah antara Rp3000 - Rp5000.Kalau kebetulan ada di daerah Cipadung coba berkunjung saja ke ma'had lughowiy lokasinya dekat dengan SMK Bakti Mandiri berhadap-hadapan malah.Disana ada beberapa santri yang dapat mencukur rambut dan keberadaan cukup bermanfaat.Pasalnya kita tahu bahwa 'khairunnaasi anfa'uhum linnaas'.Sebaik-baiknya manusia itu manusia yang bermanfaat bagi orang lain.Ketika mereka berprinsip seperti itu,pasti permintaan temannya akan diberikan dengan baik.



Monday, 30 January 2012

Dedi's KRS di halang navigator.



Bukan hal yang mudah untuk dapat menemukan petunjuk yang menuntun kita ke arah kebenaran.Apalagi setelah beredar lagu ayu ting - ting yang berjudul alamat palsu.Dimana - dimana - dimana dosenku berada dimana.Di cipadung kidul,di cipadung permai, atau di Cipadung indah ya.Ketika arah jarum jam menunjukan pukul setengah sebelas,yanda bertemu dengan teman yanda yang bernama didin mujuhidin.Ia meminta untuk ditunjukan jalan menuju ke rumah dosen pembimbim agar KRS yang dimiliki tertandatangani.Padahal ketika itu yanda dengan gadis batik (baik dan cantik) sedang sibuk mengurus KRS di senderan didin fakultas Tarbiyah.Tapi tak apalah karena dia Sababong lover si mujahidil hub dan cukup berperan penting dalam pembangunan kekreatifan santri gomblay dalam menjaga kebersihan dan melestarikan tanaman maka yanda setuju saja.Kesimpulannya jadi yanda tanpa bunda ikut mencari alamat.
Dalam pencarian ternyata tidak sendirian kami berdua di temani dengan satu santriwati solehah bernama desi lestari si teletubies.Ia ikut bersama didin karena dosen pembimbimnya satu orang yang sama.Menurut pesan yang diungkapkan ke inbox hp didin,beliau beralamat di cipadung C no 26 dekat masjid Albarokah.Yanda menghantarkan mereka berdua ke bunderan Cibiru lantas yanda suruh mereka menaiki angkot cicadas - cibiru.Prediksinya menaiki angkot akan menghabiskan Rp.3000 tapi ternyata tarif itu berubah seiring berjalannya waktu.Tarif yang kami bayar cukup berbobot yaitu Rp.6000.Bertepi depan tukang ojek,kami melanjutkkan perjalanan ke Cipadung Indah.Menelurusuri jalan yang cukup luas tapi jarang pengunjung.Ketika rasa haus mulai melanda, kami beristirahat di warung seraya bertanya tentang alokasi tinggal pak dosen pembimbing pada penjaga warung.
Dari jawaban penjaga warung dapat disimpulkan bahwa Cipadung yang terkunjung salah,karena di Cipadung indah tidak ada yang namanya masjud Al-barokah yang ada masjid Nurul aini.Hanya rasa sesal yang kami rasakan saat itu namun jiwa ini rasanya tak ingin berhenti sampai disitu saja.Pasalnya kita tahu kekuatan jiwa lebih kuat dan lebih mengpengaruhi manusia dari pada kesanggupan fisiknya.Perjalanan masih berlanjut,Kami bertiga menerobos sawah lalu masuk ke Bumi Panyileukan kel Cipadung Kidul.Disana kami bertanya pada para pejalan kaki,bukan hanya satu atau tiga orang bahkan lebih.Yang berhasil kita temui dengan berjalan kaki sana sini ternyata rumah pak dosen pembimbim yang dahulu,beliau telah pindah ke Manglayang sana.
Astaghfirullah 100 x ,kesalahan navigator.Tapi Alhamdulillah dengan perjalanan panjang itu ada hikmahnya,kami dapat menginjak beberapa tempat yang belum sama sekali dikunjungi oleh Mahasiswa lain.Pencarian tempat yang ketiga di hari yang sama.Ternyata yang ketiga kalinya ini tidak sia - sia.Kami temukan Masjid Al-barokah di Cipadung jalan Wijaya kusumah.Disana pun kami janjian dengan beliau.Tak lama kemudian beliau datang dan mendatatangani KRS mereka berdua.Walaupun sedikit kecewa dengan perhatian yang diberikan akan tetapi kami tetap senang gembira bersama - sama.



  

Perkemahan Penghayatan Lapangan 2012


Kegiatan cukup memakan waktu. dimulai dari TC dan SMAFTA seminggu sebelum pemberangkatan ke lapangan sampai seminggu di lapangan, itu artinya Mahasiswa calon anggota pramuka telah menyisipkan setengah dari hari libur semesternya untuk berpartisipasi dengan hal ini.Tak mudah juga kan untuk menempelkan badge pramuka Uin Bandung di seragam pramuka. Sebagian dari mereka memilih untuk tidak pulkam dan ada juga yang pulang ke asalnya hanya untuk mendapatkan izin dari orang tua.Tak dapat dipungkiri bahwa kecurigaan sangga kerja mengenai penanda tanganan surat izin orang tua ditangguhkan pada teman atau pesertanya sendiri itu benar.Mungkin karena pengalaman mereka sebelum menjadi anggota pramuka.Sangga kerja tahu yang membuat dan diperbuat PP (Peserta P2L) karena mereka pun pernah mengalami menjadi PP sebelumnya.
Banyak pendidikan yang membangun kecerdasan emosi yang tidak dipelajari di perkuliahan.Di samping itu Peseta dapat menambah eksistensi keberadaannya di tempat kuliah, dengan saling mengenal mereka mulai saling menolong dan merasakan kekompakan walau berbeda jurusan dan daerah.PP tetap satu tujuan untuk menjadi pramuka yang jaya meraih kesuksesan dan kemerdekaan.Rasa letih lesu dan lemah sulit menggandrungi jiwa seorang pramuka sejati karena semangat selalu datang melalui dorongan rekan satu sangga maupun satu satuan dan ada kalanya semangat itu independen.Walau pun musuh tak ada hentinya menyerang PP tetap always Endog Soang !!
Kala itu keluar ungkapan pilihan yang membuat dongkol dan mendidik, antaranya :
  • PP masih pada tidur, PP barangun .... banguuun .. eh tidur BANGUN P banguuun ..
  • Mana  katanya udah pada sigap ..
  • DP ke tiga Pee di Manglayang
  • serong kanan Pee ,serong kiiri Pe , 
  • Kalian ngga kasihan atau ngga lihat temennya di hukum kalian malah enak liatin aja
  • ketika keluar suara lentuman lodong dari arah barat lalu saker teriak DP DP ..
  • Tidak sopan ...    
  • yang mau balik kanan maju jangan jadi pecundang
  • pritt (guling kanan),pritt (guling kiri),priitt 3 (endog soang)
  • egar ,eca,ebas ripuh kalau lagi makan .
aturan serta etika perizinan :
  1. sebutkan nama lengkap jika lebih dari 3 sebutkan bersama ... rekan lain
  2. sebutkan asal sangga
  3. katakan izin sesuatu (ingin BAB) ,asik-asik (BAK),idzin alay ( ingin cuci muka)
  4. menghadap telah dilaksanakan, laporan selesai
3 Target pokok untuk dapat mengemban pusaka:
  1. Kesigapan
  2. kekompakan
  3. Tanggung jawab
3 nyawa yang harus dijaga:
  1. Ketapel
  2. ID Card (kartu identitas)
  3. Peluit
kedongkolan terhapus dengan lagu juga pasword pembangkit jiwa :
pasword P2L 2012: em A, em A em em A,em A em en A Eeee yaa!
lagu T-D SGD-PKW 2012 :

Angkat tangan kananmu
Angkat kaki kirimu
kita goyang sama - sama
rapihkan seragamu
siap kan barisanmu
ee noma nini njot njotan

Di P2L sosorodotan 
aya Pee Pee keur dicarekan
carek ku Korlap
Tong nepi pundung 
ee noma nini 
carkeun carkeun

selain ungkapan di P2L ada nama panggilan PP :

PP Linglung : mendog soang anggota dewasa alumni ketika salah seorang saker (sangga kerja) sedang memberi amanat.
PP Lombok : asalnya dari lombok
PP manyun : memang bibirnya
PP CD ROOM : saker mendapat celana dalam di luar tenda lalu ada salah seorang peserta yang mengakui barang itu.
PP kumis : berkumis
PP istighfar : selalu beristighfar
PP ayu : nama belakang rahayu
PP keriting :
PP ikhlas : kehilangan topi rimba di masjid lantas Ia ikhlaskan baranbg itu.
PP kerajinan : belum disuruh udah tiarap
PP asuransi : yang megang asuransi kesehatan PP
PPPD / P3D : percaya tinggi kePDan
PP balelol : 
PP siaga : wajahnya kaya bocah.
PP sexy :
PP jenong : 
PP bohai : badannya bahenol bahenol gmna gtu.
PP perjuangan : memberi semangat putri yang enggan memakan nasi
PP nyengir :
PP selles : gaya bicaranya itu.

masih banyak nama PP yang lainnya, yang mau nambah bisa langsung post in okay!

tangkap update status setelah P2L:

_Selamat Jalan PP P2L 2012 dan Selamat Datang Putra-Putri Terbaik_

Ijn msk..
Hitam..Hitam tapi bersejarah..
Pasca p2l..
Yg blm itm brart tidk ada sjrh,he..

ir

D p2l sosorodotan aya pp keur d carekan , carek ku korlap euy2, tong nepi pundung euy2, he doma nini jot enjotan.

pepeeeeeee.........ayoo peeeee,,,, manaaa kesigapaaan y?????,..dog soaang kaaa,,,haha,,msh terngiang2 d telinga ketika ank p2l mempertahankan sbuah amanat:) good job,,,good job:)



Hamdulillah .. P2L bres jg,. Hehe siap" mudik ..

Ilham Gionino Diner

tag.in foto2 p2l 2012 kita yah kak???
hahaha


Tsani Putri Bungsu
"DP PP DP
Kta'y sigap.."
:D

P2L tak kn t'lupakn..
Mksiih Buat kka2Q smua..
^_^

Naiea D'queen Ofblue
P2L yg sangat menakjubkan...
terimakasih untuk seluruh kakak saker,
terimakasih untuk seluruh angkatan p2l 2012..
terutama kpd sangga 2.. makasih atas kebersamaan'y yah...
the best memory in the first 2012.. ^_^

Kakak Hadiansyah
sangat banyak cerita setelah P2l, cerita yang akan merubah jati diri kita semua untuk bisa menjadi lebih baik. tetap semangat kakak-kakakku, rekan-rekanku, adik-adikku. jalan kita masih panjang. teruslah berkreasi dan manajdi lebih baik dari sebelumnya

Ina Indriani Dewi
Akhirnya p2l dpt terlewati dgn baik. Mndapatkan pngalaman yg bru dan smga kdpanny bsa lbh baik lg.

Sman9at ka2. :D

Leli Nurlaeli
alhamdulillah P2L berjalan lancar dan sukses. Terimakasiih untuk seluruh sangga kerja dan anggota dewasa Gerakan Pramuka Pramuka Uin Sgd Bandunk yang telah mensukseskan Perkemahan penghayatan lapangan tahun 2012. Tetap Semangat kakak2. Kegiatan selanjutnya telah memnanti :)

Aziz Ibnu Wahied
Assalamualaikum wr.wb
Selamat dan sukses kpada kk T-sgd & T-pkw angktan 2012 yg telah melaksanakan kegiatan strata satu P2L, bg2 ilmunya ya kak. Mksh

Abudiman Arj
Wangi'y kenal. . .:-)
jd ingt yg lg p2l. . . :-P

Luthfi Alman Bin Kholidi
P2l yg betah, ka cei maaf ya...

bukan ini menjadi odong - odong atau pun skenario dan bukan perkataan sekonyong - konyong belaka tapi jadilah hal ini pembangunan jati diri yang mampu membawa kita ke arah yang lebih baik.perjalanan kita masih panjang jangan biarkan catatan kehidupanmu kosong.Buatlah sebuah goresan yang bermakna dalam kehidupanmu.Jangan pernah kau sesali kejadian yang telah terjadi .hadapilah hari ini dengan senyuman 227 :).Asalkan ada kemauan kamu pasti ada jalan bukan hanya sekedar jargon. karena sebaik - baiknya orang adalah orang yang berarti bagi dirinya dan orang lain maka buatlah sesosok lelaki yang sanggup menjaga diri sendiri,kelompok dan putri.Lelaki bukan pecundang wanita bukan benalu.

Comment and Testimonial

Popular Posts

Have U ever felt it ??

Hermione Granger and Draco Malfoy GIF Pictures, Images and Photos

translate to :

English French German Spain Italian Dutch
Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified