Monday, 27 February 2012

Media dan Teknologi Pembelajaran


NAMA            :KEFI FADHILAH
NIM                :1211203037
FTK/JUR        :TARBIYAH / PBA
SMT               :2
DOSEN          :ZULLI SIREGAR


Media dan Teknologi Pembelajaran
A.Media Pembeajaran
          Dalam pembelajaran bahasa Arab kita dapat menggunakan media audio visual.Nana Sudjana dan Ahmad Rifai mengatakan bahwa pemanfaatan media audio visual dapat dipraktikan ketika :

-pengajaran music literary (pembacaan sajak) dan kegiatan komunikasi.
-pengajaran bahasa Arab,baik secara audio ataupun visual
-pengajaran melalui radio dakwah (107.8fm Roja) ataupun radio pendidikan lainnya.

Amir Hamzah menyatakan bahwa alat-alat visual tidak hanya menghasilkan cara belajar yang efektif , tetapi apa yang telah mereka terima melalui alat-alat visual akan sulit untuk dilupakan.Selain itu Guru yang kekurangan alat-alat dapat menggunakan gambaran baik di atas karton ataupun dengan media lain sehingga pembelajaran di kelas tidak menjenuhkan hingga tercapailah tujuan KBM dan kurikulum.
 disamping itu ,pembelajaran dengan menggunakan media memiliki masalah,antara lain:
1.      Pembuatan media pembelajaran membutuhkan kemampuan yang kompleks dan lumayan tinggi,khususnya di bidang sofware & hardware komputer,kesulitan memmbuat desain grafis,pembuatan animasi,editing gambar dan suara.
2.      Pembuatan media pembelajaran harus memiliki step-step dan prosedur tertentu hingga  layak disebut dengan media pembelajaran.
3.      Kesulitan Murid dan Guru dalam menemukan stasiun televisi mana yang menyampaikan materi tertentu ,karena banyak stasiun televisi.
4.      Siswa telat mengumpulkan tugas dan Guru lupa menonton acara televisi pendidikan tersebut.Dan seringkali Guru dan Murid memiliki referensi yang berbeda akibatnya pemahaman mereka pun berbeda.

B.Teknologi pembelajaran.
Menurut devinisi AECT (Associaton for Education Comunication Technologi) :”Teknologi Pembelajaran adalah suatu teori dan peraktik dalam desain, pengembangan, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi tentang Teknologi pembelajaran yang memiliki pengaruh terhadap perkembangan Teknogi Pembelajaran. Teknologi pembelajaran tumbuh dari praktek pendidikan dan gerakan komunikasi audio visual.Teknologi Pembelajaran semula dilihat sebagai teknologi peralatan, yang berkaitan dengan penggunaan peralatan, media dan sasaran untuk mencapai tujuan pendidikan.Teknologi pembelajaran merupakan gabungan dari tiga aliran yaitu media dalam pendidikan, psikologi pembelajaran dan pendekatan sistem dalam pendidikan.
Manfaat teknologi pendidikan :sebagai alat peralatan pendukung konstruksi pengetahuan,alat peningkat mutu pendidikan di sekolah,peningkat efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar dan pendidikan dapat mempermudah mencapai tujuan pendidikan.
C.Latar Belakang Teknologi Pembelajaran
Edgar Dale berfikiran tentang kerucut Pengalaman (cone of experience) adalah merupakan upaya awal untuk memberikan alasan atau dasar tengtang keterkaitan antara teori belajar dengan komunikasi audio visual.Sedangkan,Jamess Finn seorang Mahasiswa tingkat doktoral dari Edgar berjasa dalam mengusulkan bidang komunikasi audio-visual menjadi teknologli Pembelajaran yang kemudian berkembang higga saat ini menjadi profesi tersendiri, dengan didukung oleh penelitian, teori dan teknik sendiri





No comments:

Post a Comment

Have U ever felt it ??

Hermione Granger and Draco Malfoy GIF Pictures, Images and Photos

translate to :

English French German Spain Italian Dutch
Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified