Media dan Teknologi Pembelajaran
Monday, 27 February 2012
Edit
NAMA :KEFI FADHILAH
NIM :1211203037
FTK/JUR :TARBIYAH / PBA
SMT :2
DOSEN :ZULLI SIREGAR
Media dan Teknologi Pembelajaran
A.Media Pembeajaran
Dalam pembelajaran bahasa Arab kita dapat
menggunakan media audio visual.Nana Sudjana dan Ahmad Rifai mengatakan bahwa
pemanfaatan media audio visual dapat dipraktikan ketika :
-pengajaran music literary (pembacaan
sajak) dan kegiatan komunikasi.
-pengajaran bahasa Arab,baik secara audio
ataupun visual
-pengajaran melalui radio dakwah (107.8fm
Roja) ataupun radio pendidikan lainnya.
Amir Hamzah menyatakan bahwa alat-alat
visual tidak hanya menghasilkan cara belajar yang efektif , tetapi apa yang
telah mereka terima melalui alat-alat visual akan sulit untuk dilupakan.Selain
itu Guru yang kekurangan alat-alat dapat menggunakan gambaran baik di atas
karton ataupun dengan media lain sehingga pembelajaran di kelas tidak
menjenuhkan hingga tercapailah tujuan KBM dan kurikulum.
1. Pembuatan media pembelajaran membutuhkan
kemampuan yang kompleks dan lumayan tinggi,khususnya di bidang sofware &
hardware komputer,kesulitan memmbuat desain grafis,pembuatan animasi,editing gambar
dan suara.
2. Pembuatan media pembelajaran harus memiliki
step-step dan prosedur tertentu hingga
layak disebut dengan media pembelajaran.
3. Kesulitan Murid dan Guru dalam menemukan
stasiun televisi mana yang menyampaikan materi tertentu ,karena banyak stasiun
televisi.
4. Siswa telat mengumpulkan tugas dan Guru
lupa menonton acara televisi pendidikan tersebut.Dan seringkali Guru dan Murid
memiliki referensi yang berbeda akibatnya pemahaman mereka pun berbeda.
B.Teknologi pembelajaran.
Menurut devinisi AECT (Associaton for
Education Comunication Technologi) :”Teknologi Pembelajaran adalah suatu teori
dan peraktik dalam desain, pengembangan, pengembangan, pemanfaatan,
pengelolaan, serta evaluasi tentang Teknologi pembelajaran yang memiliki
pengaruh terhadap perkembangan Teknogi Pembelajaran. Teknologi pembelajaran
tumbuh dari praktek pendidikan dan gerakan komunikasi audio visual.Teknologi
Pembelajaran semula dilihat sebagai teknologi peralatan, yang berkaitan dengan
penggunaan peralatan, media dan sasaran untuk mencapai tujuan
pendidikan.Teknologi pembelajaran merupakan gabungan dari tiga aliran yaitu
media dalam pendidikan, psikologi pembelajaran dan pendekatan sistem dalam
pendidikan.
Manfaat teknologi pendidikan :sebagai alat
peralatan pendukung konstruksi pengetahuan,alat peningkat mutu pendidikan di
sekolah,peningkat efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar dan
pendidikan dapat mempermudah mencapai tujuan pendidikan.
C.Latar Belakang Teknologi Pembelajaran
Edgar Dale berfikiran tentang kerucut
Pengalaman (cone of experience) adalah merupakan upaya awal untuk memberikan
alasan atau dasar tengtang keterkaitan antara teori belajar dengan komunikasi
audio visual.Sedangkan,Jamess Finn seorang Mahasiswa tingkat doktoral dari
Edgar berjasa dalam mengusulkan bidang komunikasi audio-visual menjadi
teknologli Pembelajaran yang kemudian berkembang higga saat ini menjadi profesi
tersendiri, dengan didukung oleh penelitian, teori dan teknik sendiri
Related Posts